Home / Traveling / Menakjubkan! Sungai Bawah Tanah Terindah Di Dunia

Menakjubkan! Sungai Bawah Tanah Terindah Di Dunia

Kalau ngomongin wisata alam, negara mana yang kamu tuju untuk mengisi waktu liburan nih? Bingung? Oke, kali ini kita akan menyusuri tentang Filipina. Kamu tau gak kalau disana ada tempat yang indah untuk mengisi liburan? penasaran kan, yuk baca artikel ini…

Filipina adalah negara yang hampir mirip Indonesia, beriklim tropis dan memiliki lebih dari tujuh ribu pulau serta pantai yang indah. Jika kamu menyukai wisata alam, Filipina patut dimasukkan ke dalam daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi.

Filipina memiliki sungai bawah tanah di daerah Puerto Princesa. Tempat ini termasuk ke dalam UNESCO World Heritage Site. Penjelasan itu saja sudah bisa menjadikan salah satu alasan untuk kita memasukkan lokasi ini dalam itinerari/program tour yang wajib dikunjungi agar bisa menikmati keindahan alami dan mendapatkan pengalaman yang tidak bisa diperoleh di destinasi lain di manapun.

download (9)

Puerto Princesa Underground river (sungai bawah tanah) sebuah destinasi wisata yang sangat cocok buat kamu para penggila adrenalin, petualangan serta pecinta wisata gua. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang delapan kilometer, sebelum akhirnya bermuara di Laut Cina Selatan.

Pemandangan alam sekitar selalu berhasil membuat manusia terpesona dan bisa mengurangi kadar kesombongan mereka waktu berhadapan dengan lukisan agung karya Sang Pencipta. Itulah hikmah yang akan kalian dapatkan setelah melakukan petualangan ini. Proses alam yang memakan waktu ribuan atau bahkan jutaan tahun menghasilkan keelokan luar biasa.

download (10)

Keindahan dan keeksotisan yang datang dari sungai bawah tanah ini menjadikan sungai bawah tanah Puerto Princesa yang masih termasuk bagian dari Puerto Princesa Subterranean River National Park, resmi dinobatkan menjadi salah satu dari Tujuh Keajaiban Alam Dunia versi New7Wonders sejak tanggal 29 Januari 2012.

Jika dilihat, tempat ini memiliki kesamaan dengan objek wisata Goa Pindul yang terletak di Kabupaten Gunungkidul. Hanya yang membedakan tempat ini adalah sungai yang mengalir di dalam gua dan langsung mengalir ke laut dan jarak sungai ini lebih panjang dari yang ada di Goa pindul.

download (13)

Sebelum berangkat ke sana kamu wajib tahu bahwa tidak semua wisatawan diijinkan masuk ke area Taman Nasional Puerto Princesa. Pemerintah setempat membatasi jumlah wisatawan yang datang setiap harinya, perhari nya hanya 900 orang saja demi menjaga kelestarian sungai bawah tanah dari tangan usil pengunjung. Setiap wisatawan yang mau ke Puerto Princesa harus mendaftarkan diri dulu, sedangkan pendaftaran dengan sistem online masih under construction(dalam proses). Jadi kamu gak ada pilihan lain selain datang sepagi mungkin di kantor pendaftaran dan segera mendaftarkan diri. Kalo gak mau repot, ikut tur bersama sebuah travel agent aja karena mereka akan menguruskan segalanya termasuk surat izin.

Sebelum berangkat ke Pantai Sabang, kamu wajib mengurus surat izin masuk ke Puerto Princesa. Kantor perizinan ini letaknya gak jauh dari bandara lho dan tutup jam 4 sore seperti kantor pemerintah pada umumnya di Indonesia. Sampai di Pantai Sabang kamu harus melapor untuk mengkonfirmasi kedatangan kamu, sekaligus menunjukkan surat izin yang udah kamu dapatkan sebelum berangkat kemari. Setelah itu kamu tinggal menunggu waktu keberangkatan ke sungai bawah tanah. Satu-satunya cara untuk menyusuri sungai adalah dengan naik boat yang bertarif 600 peso (140 ribu). Kalau menurut kamu itu terlalu mahal, tenang guyss, kamu tunggu aja kedatangan wisatawan lain sampai jumlah kalian pas 6 orang, sesuai dengan jumlah maksimal penumpang boat. Kamu bisa patungan dengan mereka dan ongkos sewa boat pun jadi gak terlalu mahal.

download (11)

Sebenarnya ada beberapa cara mencapai Puerto Princesa selain naik boat dari Pantai Sabang. Bisa melalui jalur udara karena Puerto Princesa udah dilengkapi dengan fasilitas bandar udara juga lho. Hanya saja bandar udara di Puerto Princesa biasanya udah tutup di jam 2 atau 3 siang. Kamu juga bisa naik kapal ferry dari Manila ke Puerto Princesa, tapi waktu tempuhnya cukup lama yaitu sekitar 29 jam. Itu pun kalo gak ada badai atau hambatan cuaca lainnya.

Sepanjang perjalanan dari dermaga hingga bibir pantai tempat awal tur sungai bawah tanah, kamu akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah dari pasir putih dan bebatuan yang alami. Sesampainya di kawasan sungai bawah tanah, kamu akan disambut oleh aroma ‘sedap‘ yang datang dari kotoran kelelawar. Pasalnya di dalam gua yang dilalui masih terdapat banyak kawanan kelelawar.

Petualangan pun segera dimulai. Dengan menggunakan perahu tradisional tak bermesin, kamu akan dibawa menyusuri sungai bawah tanah sejauh 1.5 km saja selama 45 menit lamanya kemudian berputar balik ke arah yang sama di mana kamu masuk tadi.

Oh iya kalau kamu berkunjung ke sini, jangan lupa bawa waterproof bag untuk alat elektronik seperti handphone atau kamera ya. Pasti kamu mau foto-foto dan upload ke media sosial, kan? jangan sampai alat-alat elektronik kita terkena air atau malah kita sibuk melindungi gadget sehingga gak menikmati pemandangan Underground River. Gimana, menakjubkan kan? ajak deh semua teman kamu untuk berlibur kesini.:)

Check Also

“Bukit Teletubbies”, Tempat Wisata Baru Di Blitar

Siapa sih yang tidak tau film Teletubbies yang populer pada tahun 2000 an? Tentunya kamu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *