Home / Unique / Luar Biasa, Nenek Ini Instruktur Yoga Tertua Di Dunia

Luar Biasa, Nenek Ini Instruktur Yoga Tertua Di Dunia

Banyak sekali jenis olahraga atau senam yang bisa membantu menyehatkan tubuh, misalnya saja yoga. Biasanya kita berlatih yoga pada seorang instruktur, bener gak? Pernah dengar gak siapa instruktur yoga tertua? Bingung ya kok tertua, karena selama ini kan yang kita tau semua instruktur yoga masih muda. Daripada penasaran terus, yuk kita simak sama-sama.

Pengertian Yoga

Yoga dari bahasa Sanskerta berarti “penyatuan”, yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran dalam filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa dimana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca inderanya dan tubuhnya secara keseluruhan.

Masyarakat global umumnya mengenal yoga sebagai aktivitas latihan utamanya asana (postur) bagian dari Hatta Yoga. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi.

Sejarah Yoga

Penelitian tentang yoga dilakukan lebih dari satu abad. Meski begitu masih banyak misteri yang belum terkuak tentang awal hadirnya yoga. Yang diketahui publik, yoga berasal dari India sekitar lima ribu tahun lalu. Sampai sekarang banyak sarjana barat berpikir yoga berasal jauh sebelum itu, barangkali sekitar 500 Silam Masehi. Itu adalah masa Buddha Gautama, sang pendiri agama Buddha.

Ajaran yoga dibangun oleh Maharsi Patanjali dan merupakan ajaran yang sangat populer di kalangan umat Hindu. Ajaran yoga merupakan ilmu yang bersifat praktis dari ajaran Veda. Yoga berakar dari kata Yuj yang berarti berhubungan, yaitu bertemunya roh individu (atman/purusa) dengan roh universal (Paramatman/Mahapurusa). Maharsi Patanjali mengartikan yoga sebagai Cittavrttinirodha yaitu penghentian gerak pikiran.

Sastra Yogasutra yang ditulis oleh Maharsi Patanjali, yang terbagi atas empat bagian dan secara keseluruhan mengandung 194 sutra. Bagian pertama disebut: Samadhipada, sedangkan bagian kedua disebut: Sadhanapada, bagian ketiga disebut: Vibhutipada dan yang terakhir disebut: Kailvalyapada.

Instruktur Yoga Tertua Di Dunia

Pada umumnya, seorang instruktur yoga adalah seorang wanita yang masih muda yang masih memiliki fleksibilitas dan kekuatan fisik yang baik. Namun hal ini justru berbeda dengan seorang nenek bernama Nanammal berusia 98 tahun yang kini masih aktif menjadi instruktur yoga di kota Coimbatore, Tamil Nadu, India bagian Selatan.

Nanammal sudah berlatih yoga sejak usia 8 tahun, ia belajar dasar-dasar yoga dari ayahnya yang seorang seniman bela diri. Nanammal kemudian terus belajar rahasia praktik yoga di bawah bimbingan kakeknya di kota Coimbatore, India. Bahkan di usianya yang ke 14 tahun, Nanammal memenangkan kontes Silambattam (seni bela diri India berbasis senjata dari Tamil Nadu). Setelah menikah, ia memperdalam kemampuannya beryoga dari sang ayah mertua dan setelah itu, ia mulai mengajar yoga untuk orang lain.

Ia mengatakan, “saya tak pernah berhenti berlatih yoga selama sembilan dekade terakhir dalam hidupnya, untuk mendapatkan kesehatan dan fleksibilitas yang luar biasa. Nanammal juga mengaku belum pernah masuk rumah sakit atau bahkan meminum obat apapun”.

Ia juga mengatakan, “Saya tidak pernak berhenti berlatih yoga. Kalau tidak melakukannya, badan saya justru pegal-pegal. Itulah rahasia sehat saya selain menerapkan pola hidup yang sehat. Di usia ini, saya bersyukur masih bisa berjalan tanpa alat bantu”.

Nanammal masih cukup sehat untuk melakukan yoga asanas termasuk pose merak, teratai, jembatan dan headstand yang mungkin tidak dapat dilakukan oleh instruktur yoga lainnya. Bahkan yoga Halasana, gerakan yang dianggap sulit oleh sebagian orang pun dapat dilakukan oleh Nanammal.

Mendirikan Sekolah Yoga

Atas kecintaannya terhadap yoga, sejak muda nenek Nanammal mendirikan sekolah yoga. Siswanya berasal dari berbagai kalangan dan usia. Di India, nenek Nanamal kini mendapat julukan sebagai “Paethees” atau cucu perempuan dari Tamil. Nenek Nanamal pernah diundang ke acara perkumpulan pencinta yoga dunia dan dijadikan anggotanya. Namun nenek 98 tahun ini menolak karena ia tidak menguasai bahasa Inggris.

Setiap hari Nanammal memegang kelas untuk 100 siswa di rumahnya, dan bercerita tentang manfaat mempraktikkan seni yoga yang dipasangkan dengan makanan sehat. Setiap kali Nanammal melakukan yoga, ia mengenakan pakaian tradisi sari dan masih bisa melakukan lebih dari 50 jenis asana.

V Balakrishnan, anak Nanamal mengatakan, “Ibuku telah berlatih yoga selama 90 tahun. Ia bisa bermacam-macam gerakan yoga dari yang paling mudah hingga paling sulit. Ia bahkan bisa melakukan gerakan yoga dengan mengangkat tubuhnya sendiri hanya dengan lengan selama berjam-jam. Ia benar-benar luar biasa.”

Meski usianya sudah sangat senja, ia adalah instruktur yoga yang sangat sehat, bugar dan keren banget. Menariknya lagi, di usianya yang ke 98 nenek tersebut Nanammal justru terlihat lebih lebih muda dari usia aslinya. Wanita ini sama sekali tak terlihat jika ia sudah hampir berusia 100 tahun. Beberapa murid nenek Nanamal mengatakan bahwa ia adalah instruktur yoga tertua pertama di India dan tertua kedua di dunia setelah Tao.

Atas ketekunannya dalam menjadi instruktur yoga, Nanammal mendapat banyak penghargaan. Ia berharap dengan mengajar yoga, kepedulian masyarakat terutama remaja putri soal kesehatan bisa tumbuh. Terlebih, banyak manfaat sehat yang bisa didapat dari rutin beryoga. Kini sekitar 600 siswa yang belajar yoga dari Nanammal telah menjadi instruktur yoga sendiri dan mempromosikan manfaat latihan yoga di seluruh dunia.

Nah, itulah kisah nenek Nanammal yang menjadi instruktur yoga tertua di dunia. Walaupun umurnya sudah tidak muda lagi, namun semangatnya tidak pernah hilang. Nenek ini patut diacungi jempol ya guys. . .

Check Also

Menakjubkan, Karya Seni Ini Tercipta Dari Sampah Lho

“Sampah”, mungkin itu adalah hal yang tidak berguna lagi kan? Ya, selama ini hampir semua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *